Fisika SMP Kelas IX

Fisika pada jenjang SMP tergabung dengan Biologi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada kurikulum 2013, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan mata pelajaran IPA SMP Kelas IX dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori




KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1    Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
3.2    Memahami sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
4.2    Menyajikan karya hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
3.3    Menerapkan konsep pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
4.3   Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
3.4    Memahami konsep listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
4.4    Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala listrik statis dalam kehidupan sehari-hari

3.5    Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik
4.5    Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik

3.6    Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
4.6    Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi elektromagnetik
3.7    Memahami konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
4.7   Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional (misalnya tempe, tape, kecap, yoghurt, atau produk lain)
3.8    Memahami konsep partikel materi, atom ion, dan molekul, struktur zat sederhana,danhubungannya dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia
4.8    Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari


3.9    Memahami sifat fisika dan sifat kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
4.9    Menyajikan hasil penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan
3.10  Memahami proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
4.10  Menyajikan karya tentang proses dan produk teknologi sederhana yang  ramah lingkungan

0 comments:

Post a Comment