Fisika pada jenjang SMP tergabung dengan Biologi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada kurikulum 2013, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan mata pelajaran IPA SMP Kelas IX dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami sistem
reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan
pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
|
4.1 Menyajikan hasil
penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya
pencegahan gangguan pada organ reproduksi
|
3.2 Memahami sistem
perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan
|
4.2 Menyajikan karya
hasil perkembangbiakan pada tumbuhan
|
3.3 Menerapkan konsep
pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan makhluk hidup
|
4.3 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari
berbagai sumber terkait tentang tanaman dan hewan hasil pemuliaan
|
3.4 Memahami konsep
listrik statis dan gejalanya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk
kelistrikan pada sistem saraf dan hewan yang mengandung listrik
|
4.4 Menyajikan hasil pengamatan tentang gejala
listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
|
3.5 Menerapkan konsep
rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik termasuk
sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi
listrik
|
4.5 Menyajikan hasil
rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik
|
3.6 Menerapkan konsep
kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan medan magnet, termasuk
dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
|
4.6 Membuat karya
sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnet dan/atau induksi
elektromagnetik
|
3.7 Memahami konsep
bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia
|
4.7 Membuat salah satu
produk bioteknologi konvensional (misalnya tempe, tape, kecap, yoghurt, atau
produk lain)
|
3.8 Memahami konsep
partikel materi, atom ion, dan molekul, struktur zat sederhana,danhubungannya
dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari- hari, serta dampak
penggunaan bahan terhadap kesehatan manusia
|
4.8 Menyajikan hasil
penyelidikan tentang sifat dan pemanfaatan bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.9 Memahami sifat
fisika dan sifat kimia tanah, organisme yang hidup dalam tanah, dan
pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan
|
4.9 Menyajikan hasil
penyelidikan tentang sifat-sifat tanah dan pentingnya tanah bagi kehidupan
|
3.10 Memahami proses dan
produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan
|
4.10 Menyajikan karya
tentang proses dan produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan
|
0 comments:
Post a Comment