Fisika pada jenjang SMP tergabung dengan Biologi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada kurikulum 2013, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan mata pelajaran IPA SMP Kelas VII dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1
Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan
benda-benda di sekitar, serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku)
dalam pengukuran
|
4.1 Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
|
3.2
Mengklasifikasikan makhluk
hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
4.2 Menyajikan hasil
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan
karakteristik yang diamati
|
3.3
Memahami konsep campuran dan zat
tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
4.3
Menyajikan hasil penyelidikan
atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau
pemisahan campuran
|
3.4
Memahami konsep suhu, pemuaian,
kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
|
3.5
Memahami konsep energi, berbagai
sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
termasuk fotosintesis
|
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan
bentuk energi, termasuk fotosintesis
|
3.6 Memahami
sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan
komposisi utama penyusun sel
|
4.6
Membuat model struktur sel
tumbuhan/hewan
|
3.7
Menganalisis interaksi antara
makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi
tersebut
|
4.7 Menyajikan
hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
sekitarnya
|
3.8
Menganalisis terjadinya
pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.8
Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian
masalah pencemaran di lingkungannya
berdasarkan hasil pengamatan
|
3.9 Memahami
perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
|
4.9 Membuat
tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan iklim
|
3.10 Memahami
lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko
sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya
|
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana
alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan
jenis ancaman bencana di daerahnya
|
3.11 Memahami
sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi
|
4.11 Menyajikan
karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di
bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi
|
0 comments:
Post a Comment