Fisika pada jenjang SMP tergabung dengan Biologi dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada kurikulum 2013, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan mata pelajaran IPA SMP Kelas VIII dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami gerak pada
makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem
gerak
|
4.1 Membuat tulisan
tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan
sistem gerak manusia
|
3.2 Menganalisis gerak
lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
|
4.2 Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
3.3 Memahami konsep
usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta
hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia
|
4.3 Menyajikan hasil
penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
3.4 Menganalisis
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
4.4 Mengomunikasikan
teknologi yang terinspirasi oleh hasil pengamatan struktur tumbuhan dari
berbagai sumber
|
3.5 Menganalisis sistem
pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem
pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
4.5 Menyajikan hasil
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
|
3.6 Memahami berbagai
zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap
kesehatan
|
4.6 Membuat karya tulis
tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan
|
3.7 Menganalisis sistem
peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran
darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
4.7 Menyajikan hasil percobaan
pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut
jantung
|
3.8 Memahami tekanan zat
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
4.8 Menyajikan data hasil
percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya
apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
3.9 Menganalisis sistem
pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta
upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
4.9 Menyajikan karya
tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
|
3.10 Menganalisis sistem
ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya
menjaga kesehatan sistem ekskresi
|
4.10 Membuat karya tentang
sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri
|
3.11 Menerapkan konsep
getaran, gelombang, bunyi, dan sistem pendengaran dalam kehidupan sehari-hari
termasuk sistem sonar pada hewan
|
4.11 Menyajikan hasil percobaan
tentang getaran, gelombang, dan bunyi
|
3.12 Memahami sifat-sifat
cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan
prinsip kerja alat optik
|
4.12 Menyajikan hasil
percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa
|
0 comments:
Post a Comment