Monday 14 July 2014

Mengungkap Rahasia Plasma

Benda padat yang dipanaskan akan mencair; benda cair yang dipanaskan akan menguap; lalu benda gas yang dipanaskan, jadi apa? 

Jawabannya adalah: plasma. Dalam wujud plasma, karena energinya sangat tinggi, elektron-elektron pada gas akan terionisasi dan membentuk gumpalan seperti awan.

Mengungkap Rahasia Plasma


Di alam semesta ini, wujud zat yang paling banyak ditemui bukanlah padat, cair, atau gas, melainkan plasma. Konon, sekitar 99 persen penyusun alam semesta yang teramati adalah plasma.

Plasma bisa ditemui di permukaan Matahari (dan juga intinya, sebagai hasil dari reaksi nuklir). Selain itu, di Bumi plasma terjadi secara alamiah ketika ada petir atau di ionosfer. Di lingkar Kutub Utara dan Kutub Selatan, plasma dijumpai dalam bentuk aurora.

Sementara itu, barang-barang yang kita pakai sehari-hari, seperti televisi dan lampu neon, juga menggunakan plasma.

Jika plasma di dalam inti Matahari suhunya sangat tinggi (jutaan derajat Celsius), plasma yang biasa diciptakan di dalam laboratorium (atau di layar televisimu) tidak perlu mencapai suhu setinggi itu. Bahkan, plasma dapat terwujud pada suhu serendah beberapa puluh derajat Celsius saja.

Karena mengandung banyak elektron bebas, plasma sangat mudah mengalirkan listrik. Kemudian, karena arus listrik menimbulkan medan magnet, plasma juga bisa menghasilkan medan magnet yang luar biasa kuat. Menurut dugaan, medan magnet plasma dalam bintang-bintang neutron (yang disebut magnetad mencapai 10" tesla, atau sekitar 100 milyar kali lipat kekuatan magnet sebuah loudspeaker raksasa. Plasma memang menghadirkan banyak fenomena yang menarik untuk diteliti.

Sumber: IPA Fisika Gasing 3 untuk SMP/MTs Kelas IX, Yohanes Surya, Penerbit PT Grasindo, PT Kandel
Share:

0 comments:

Post a Comment