Wednesday 3 September 2014

Daftar Buku Fisika yang Layak untuk Kurikulum 2013

Apapun kurikulumnya, buku merupakan satu hal yang tidak bisa dihilangkan dalam pendidikan di sekolah untuk negara kita. Begitu juga kurikulum 2013 atau K13 yang diberlakukan untuk kelas X dan kelas XI SMA mulai tahun ajaran ini, tetap perlu yang namanya buku. Oleh karena itu, sebagai guru fisika SMA atau sebagai siswa SMA yang mengambil peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam (MIA) perlu mengetahui buku-buku apa saja yang memenuhi standar kelayakan untuk penerapan K13 ini.

buku fisika kurikulum 2013


Berikut daftar buku teks mata pelajaran fisika yang memenuhi standar kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran K13 di SMA. Daftar ini saya dapatkan dari Permendikbud RI nomor 65 Tahun 2014 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 2 Juli 2014 oleh Mendikbud Pak Mohammad Nuh.
  1. Fisika untuk SMA/MA Kelas X Buku Siswa Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Penulis: Reva Yulietta, Dede Sahidin, penerbit CV. Arya Duta.
  2. Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan MIPA, Penulis: Hari Subagya, Insih Wilujeng, Penerbit PT. Bumi Aksara
  3. Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Penulis:Pujianto, Supardianningsih, Rusdiyani Chasanah, Rinawan Abadi, Penerbit PT. Intan Pariwara.
  4. Fisika untuk SMA dan MA X Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Penulis: Sufi Ani Rufaida, Sarwanto, Penerbit: CV. Mediatama.
  5. Kajian Konsep Fisika 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Penulis: Muhammad Farchani Rosyid, Eko Firmansah, Rachmad Resmiyanto, Atsnaita Yasrina , Penerbit: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
  6. Fisika 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Penulis: Budi Purwanto, Muchammad Azam, Penerbit: PT. Wangsa Jatra Lestari
  7. Buku Siswa Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Penulis: Haryadi, Ambar Ratno, Suryonugroho, Penerbit: PT. Widya Duta Grafika


Nah, setelah mengetahui daftar buku tersebut diatas, silakan diusahakan agar punya bukunya, mengingat buku-buku itu menurut depkdikbud layak sebagai pegangan buku teks untuk kurikulum 2013. Sayangnya buku fisika yang di daftar permendikbud tentang buku teks peminatan SMA mata pelajaran fisika itu hanya untuk kelas X, untuk kelas XI nya belum ada. :(

Selanjutnya untuk buku pegangan guru yang dinilai layak untuk pembelajaran K13 adalah sebagai berikut:

  1. Fisika untuk SMA/MA Kelas X Buku Guru Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Penulis: Reva Yulietta, Dede Sahidin, Penerbit: Arya Duta, CV.
  2. Buku Guru Fisika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan MIPA, Hari Subagya, Insih Wilujeng,Bumi Aksara, PT.
  3. Buku Guru Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Pujian to, Supardianningsih, Rusdiyani Chasanah, Rinawan Abadi, Intan Pariwara, PT.
  4. Buku Guru Fisika untuk SMA dan MA X Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Sufi Ani Rufaida, Sarwanto, Mediatama, CV.
  5. Buku Guru Kajian Konsep Fisika 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Muhammad Farchani Rosyid, Eko Firmansah, Rachmad Resmiyanto, Atsnaita Yasrina, Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, PT.
  6. Buku Guru Fisika 1 untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, Budi Purwanto, Muchammad Azam, Wangsa Jatra Lestari, PT.
  7. Buku Guru Fisika untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Haryadi, Ambar Ratno Suryonugroho, Widya Duta Grafika, PT.

Semoga bermanfaat.

Share:

5 comments: