Monday 8 September 2014

Penemu Lampu Pijar yang Sebenarnya!

Kebanyakan dari kita mungkin terlanjur mengingat bahwa penemu lampu pijar adalah Thomas Alfa Edison, hal ini adalah keliru!

Thomas Edison bukanlah penemu lampu pijar yang pertama kali. Tetapi Edison adalah orang yang menyempurnakan desain lampu Joseph Swan dan pertama kali memproduksi lampu pijar secara masal.

Sebelum Edison, telah banyak ilmuwan yang mencoba untuk membuat lampu pijar. Joseph Swan adalah Fisikawan Inggris dan orang yang pertama kali tercatat dalam sejarah sebagai pemegang paten untuk lampu pijar. Lampu pijar pertama yang dipamerkan oleh Swan di depan umum pada tahun 1878 hanya mampu bertahan beberapa menit sebelum akhirnya terbakar akibat kelebihan arus listrik. Kemudian Swan memperbaiki dengan menggunakan elemen berbahan katun yang dilapisi karbon dan membuat bolam lampu tersebut hampir hampa. Lampu ini dapat bertahan beberapa belas jam!

Lampu pijar masa kini memiliki filamen dengan bahan tungsten dan biasanya diisi oleh gas argon. Namun, sebenarnya hanya 5% listrik yang mengalir diubah menjadi cahaya, sementara sisanya terbuang dalam bentuk panas! Itulah mengapa kini kita perlu mencari berbagai alternatif lampu dan bahkan menghemat penggunaan energi untuk masa depan karena sumber energi yang ada merupakan hal yang kita pinjam dari anak cucu kita di masa mendatang.

sumber

bukan thomas alfa edison

Share:

1 comment:

  1. I think is a genius for those who find the light switch , and thanks for the invention which until now used and very useful for us all
    poker online

    ReplyDelete