Sunday 20 September 2015

Tugas Fisika kelas XI Mediatama

Selesaikan permasalahan berikut secara mandiri;
1) sebuah benda yang diletakkan di permukaan bumi yang berjari-jari R, memiliki berat sebesar 360 N. Jika benda diletakkan pada ketinggian 4 R dari permukaan bumi, Hitunglah berat benda pada ketinggian tersebut!

2) Perhatikan gambar di bawah ini dengan cermat!

Lima buah titik A B C D E  terletak segaris lurus dan berada dalam pengaruh medan gravitasi benda P dan Q. Jika mP = 7mQ, manakah titik yang mendapatkan pengaruh medan gravitasi terbesar dan terkecil? Kemukakan alasan mu dengan tepat!

3) percepatan gravitasi di suatu titik diluar bumi yang berada sejauh H dari pusat bumi adalah 7N/kg. Jika percepatan gravitasi di permukaan bumi 10 N/kg, Tentukan jari-jari bumi (Nyatakan dalam H)

4) Kuat medan gravitasi di suatu titik diluar bumi yang berada sejauh X dari pusat bumi adalah 5N/kg. Jika Kuat medan gravitasi di permukaan bumi adalah 10 N/kg Tentukan jari-jari bumi!

5) jika percepatan gravitasi di permukaan bumi adalah g, Tentukan percepatan gravitasi suatu benda yang berada pada ketinggian empat kali jari-jari bumi!

Sumber: buku siswa, Fisika untuk SMA/MA XI penulis Sofi Ani Rufaidah dan sarwanto. Penerbit dan percetakan Mediatama Surakarta. Tahun 2014. Halaman 46.

Share:

0 comments:

Post a Comment