Saturday 13 February 2016

Soal Latihan Persamaan Kontinuitas


1)      Kelajuan fluida ideal di dalam pipa berdiameter 10 cm adalah 7,5 m/s. Fluida kemudian memasuki pipa berdiameter 4 cm, berapa laju fluida nya?
2)      Sebuah pipa dengan 5 penampang I, II, III dan V. Jika luas penampang:
I > II,
I < III,
IV > III, dan
IV < V,
aliran air paling cepat terjadi pada pipa berapa?
3)      Sebuah pipa yang luas penampangnya sebesar A1 = 8 cm2 dan A2 = 10 cm2 dialiri air dengan debit 2 liter/sekon. Berapa kelajuan air di A1 dan A2?
4)      Air yang mengalir melalui pipa berdiameter 12 cm melaju 4,25 m/s. Jika air yang keluar melalui pipa pengeluaran bergerak dengan kelajuan 17 m/s, berapa diameter lubang pipa keluaran?
5)      Fluida mengalir melalui pipa dengan tiga penampang yang berbeda. Perbandingan luas ketiga penampang A:B:C = 4:1:3. Apabila pada penampang A kecepatan aliran fluida 6 m/s, berapa kecepatan aliran fluida di B dan di C?

6)      Kelajuan suatu fluida 7 m/s pada luas penampang 0,785 cm2. Tentukan kelajuan fluida saat melewati penampang ujung jarum suntik dengan diameter 0,5 mm dan tentukan pula kelajuan fluida saat memasuki pembuluh darah vena yang memiliki diameter 1 mm!
7)      Diketahui jari-jari aorta sekitar 1,1 cm dan darah yang mengalir melalui aorta memiliki kelajuan sekitar 30 cm/s. Hitunglah kelajuan rata-rata darah dalam pembuluh darah kapiler yang memiliki diameter diameter 7 mm!
8)      Darah mengalir dari pembuluh darah yang besar dengan jari-jari 0,4 cm dan kelajuannya 9 cm/s ke dalam daerah yang memiliki jari-jari 0,2 cm akibat penebalan dinding (arteroclerosis). Tentukan kelajuan darah di bagian yang lebih kecil tersebut!

9)      Air mengalir melalui pipa yang bentuknya seperti gambar di bawah

 

persamaan kontinuitas


  


Jika diketahui luas penampang di A dua kali luas penampang di B, tentukan perbandingan kecepatan air di A dan di B!


Sumber: 
Sofware Bahan ajar Persamaan Kontinuitas oleh I Wayan Muliana, S.Pd.
Fisika untuk SMA/MA XI penulis Sufi Ani Rufaidah dan sarwanto. Penerbit dan percetakan Mediatama Surakarta. Tahun 2014
Share:

0 comments:

Post a Comment