Sunday 22 June 2014

Kompetensi Dasar Fisika SMA Kelas X

Kompetensi Dasar mata pelajaran fisika kelas X SMA pada Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Kompetensi Inti 1 (K-1):
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar (KD):
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik

Kompetensi Inti 2 (K-2):
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar (KD):
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 

Kompetensi Inti 3 (K-3):
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kompetensi Dasar (KD):
3.1  Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
3.2  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)
3.3  Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
3.4  Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
3.5  Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
3.6  Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
3.7  Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
3.8  Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
3.9  Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa


Kompetensi Inti 4 (K-4):
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar (KD):
4.1 Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan  dan teknik  yang  tepat untuk suatu penyelidikan ilmiah
4.2  Merencanakan  dan  melaksanakan percobaan  untuk  menentukan  resultan vektor
4.3  Menyajikan  data  dan  grafik  hasil percobaan  untuk  menyelidiki  sifat  gerak benda yang  bergerak lurus  dengan kecepatan  konstan  dan  gerak  lurus dengan percepatan konstan
4.4 Merencanakan  dan  melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
4.5  Menyajikan  ide/gagasan  terkait  gerak melingkar  (misalnya  pada  hubungan roda-roda) 
4.6  Mengolah  dan  menganalisis  hasil percobaan   tentang  sifat  elastisitas  suatu bahan
4.7 Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida  untuk  mempermudah suatu pekerjaan 
4.8  Merencanakan dan  melaksanakan percobaan  untuk  menyelidiki karakteristik  termal  suatu  bahan, terutama  kapasitas  dan  konduktivitas kalor
4.9  Menyajikan  ide/rancangan  sebuah  alat optik  dengan menerapkan prinsip pemantulan  dan  pembiasan pada  cermin dan lensa

Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor  69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kompetensi Dasar Fisika SMA Kelas X

Share:

0 comments:

Post a Comment