Kompetensi Dasar mata pelajaran fisika kelas XI SMA pada Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
Kompetensi Inti 1 (K-1):
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Dasar (KD):
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena benda titik dan benda tegar, fluida, gas dan gejala gelombang
Kompetensi Inti 2 (K-2):
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kompetensi Dasar (KD):
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
Kompetensi Inti 3 (K-3):
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar (KD):
3.1 Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar dengan menggunakan vektor
3.2 Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukumhukum Newton
3.3 Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
3.5 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup.
3.9 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
3.10 Menganalisis gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang stasioner dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
3.2 Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukumhukum Newton
3.3 Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
3.5 Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup.
3.9 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
3.10 Menganalisis gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang stasioner dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
Kompetensi Inti 4 (K-4):
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar (KD):
4.4 Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
4.5 Memodifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum
4.6 Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
4.7 Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida
4.8 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
4.9 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
4.10 Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep dan prinsip gelombang bunyi
4.5 Memodifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum
4.6 Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
4.7 Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida
4.8 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
4.9 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
4.10 Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep dan prinsip gelombang bunyi
Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
0 comments:
Post a Comment