Monday 23 June 2014

Kompetensi Dasar Fisika SMA Kelas XI

Kompetensi Dasar mata pelajaran fisika kelas XI SMA pada Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Kompetensi Inti 1 (K-1):
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar (KD):
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena benda titik dan benda tegar, fluida, gas dan gejala gelombang


Kompetensi Inti 2 (K-2):
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, 
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar (KD):
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 


Kompetensi Inti 3 (K-3):
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kompetensi Dasar (KD):
3.1  Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar dengan menggunakan vektor
3.2 Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap  keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan  hukumhukum Newton
3.3 Menganalisis  konsep  energi,  usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan  hukum  kekekalan  energi  untuk menyelesaikan  permasalahan  gerak dalam kejadian sehari-hari
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
3.5 Menerapkan  konsep  momentum  dan impuls,  serta  hukum  kekekalan momentum  dalam  kehidupan sehari-hari
3.6 Menerapkan  konsep  torsi,  momen inersia,  titik  berat,  dan  momentum sudut  pada  benda  tegar  (statis  dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menerapkan  prinsip  fluida  dinamik dalam teknologi
3.8 Memahami  teori  kinetik  gas  dalam menjelaskan  karakteristik  gas  pada ruang tertutup.
3.9 Menganalisis  gejala  pemanasan  global dan  dampaknya  bagi  kehidupan  dan lingkungan
3.10 Menganalisis  gejala  dan  ciri-ciri gelombang secara umum
3.11 Menganalisis  besaran-besaran  fisis gelombang  stasioner  dan  gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata


Kompetensi Inti 4 (K-4):
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar (KD):
4.4 Merencanakan dan melaksanakan percobaan  getaran  harmonis  pada ayunan bandul dan getaran pegas
4.5 Memodifikasi  roket  sederhana  dengan menerapkan  hukum  kekekalan momentum
4.6 Merencanakan  dan  melaksanakan percobaan titik berat  dan  keseimbangan benda tegar
4.7 Memodifikasi  ide/gagasan  proyek sederhana yang menerapkan  prinsip dinamika fluida
4.8 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan  dan lingkungan
4.9 Menyelidiki  karakteristik  gelombang mekanik melalui percobaan
4.10 Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep dan prinsip gelombang bunyi

Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor  69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar  Dan  Struktur  Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kompetensi Dasar Fisika SMA Kelas XI



Share:

0 comments:

Post a Comment