Monday 23 June 2014

Kompetensi Dasar Fisika SMA Kelas XII

Kompetensi Dasar mata pelajaran fisika kelas XII SMA pada Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:

Kompetensi Inti 1 (K-1):
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

Kompetensi Dasar (KD):
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan

Kompetensi Inti 2 (K-2):
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, 
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

Kompetensi Dasar (KD):
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 

Kompetensi Inti 3 (K-3):
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Kompetensi Dasar (KD):
3.1  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
3.2  Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari
3.3  Menganalis gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik, energi potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
3.4  Menganalisis induksi magnet dan gaya magnetik pada berbagai produk teknologi
3.5  Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan
3.6  Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
3.7  Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi dan dampaknya pada kehidupan
3.8  Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
3.9  Memahami transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
3.10  Memahami karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam teknologi
3.11  Memahami keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehdupan


Kompetensi Inti 4 (K-4):
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar (KD):
4.1  Merencanakan dan melaksanakan percobaan interferensi gelombang cahaya
4.2  Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki prinsip kerja rangkaian listrik searah (DC)
4.3  Menyajikan data dan informasi tentang kapasitor dan manfaatnya dalam kehidupan sehari
4.4  Melaksanakan pengamatan induksi magnet dan gaya magnetik disekitar kawat berarus listrik
4.5  Mencipta produk sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
4.6  Memecahkan masalah terkait rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
4.7  Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
4.8  Menyajikan hasil analisis data tentang penerapan efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
4.9  Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
4.10  Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
4.11  Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehdupan


Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor  69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar  Dan  Struktur  Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

kurikulum 2013



Share:

0 comments:

Post a Comment