Friday 27 June 2014

Pesawat Pertama Kali di Dunia Berbahan Kayu

Setelah mengalami banyak kegagalan, uji coba dengan pesawat tanpa mesin (glider). Akhirnya pada tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara berhasil terbang dengan pesawat bermesin pertama kali yang diberi nama Wright Flyer 1. Mesin itu dibuat di bengkel sepeda mereka dan propeler (baling-baling) pesawat tersebut masih berbahan kayu!

Bagaimana penerbangannya? Orville Wright adalah yang pertama menerbangkan Flyer 1 ini pada pukul 10.35 pagi, pesawat ini hanya terbang selama 12 detik, sejauh 37 meter. Lalu disusul dua penerbangan berikutnya secara bergantian oleh Wilbur kemudian Orville, dimana catatan penerbangan kedua dan ketiga ini adalah sejauh 53 dan 61 meter pada ketinggian sekitar 3 meter! Ada 5 orang yang menjadi saksi penerbangan pertama kali ini dimana salah satunya mengabadikan dalam foto di bawah ini.

Kita melihat saat ini, teknologi penerbangan sudah begitu maju, tapi jika kita mengingat sekitar 111 tahun lalu, sejarah mencatatnya hanya sejauh 37 meter selama 12 detik!

Meskipun apa yang kita kerjakan sepertinya masih jauh dari keberhasilan. Namun, jangan mudah menyerah! semua hal itu bermula dari langkah kecil!


pesawat pertama kali di dunia

Share:

0 comments:

Post a Comment