Saturday 28 June 2014

Pengertian Gerak

Gerak (motion) adalah perubahan letak suatu benda atau sistem terhadap waktu, yang diukur oleh seorang pengamat tertentu di dalam kerangka acuan tertentu. Hanya gerak relatif yang dapat diukur, gerak mutlak tidak memiliki arti. 

pengertian gerak dalam fisika


Kerangka acuan (frame of reference) adalah sekelompok sumbu yang untuk praktisnya dianggap tidak bergerak, sehingga memungkinkan letak suatu titik (atau benda) di dalam ruang pada waktu sembarang dapat ditentukan. Dalam kontinum empat-dimensi (lihat space-time) kerangka acuan terdiri dari kelompok empat sumbu koordinat, tiga untuk ruang dan satu untuk waktu.

Space-time (space-time continuum),  Ruang waktu (kontinum ruang waktu) adalah geometri yang mencakup tiga dimensi dan dimensi keempat adalah waktu. Dalam fisika Newton, ruang dan waktu dipandang sebagai entitas terpisah dan apakah peristiwa-peristiwa berlangsung dalam saat yang sama atau tidak merupakan suatu masalah yang dianggap jelas bagi setiap pengamat yang cakap. Dalam gagasan Einstein tentang alam semesta fisis, berdasarkan suatu sistem geometri yang diciptakan oleh H. Minkowski (1864-1909), ruang dan waktu dianggap saling berhubungan, sehingga dua pengamat dalam gerak relatif dapat tiba pada suatu ketidaksepakatan dalam memandang peristiwa-peristiwa di kejauhan yang berlangsung pada saat yang bersamaan. Pada gerak Minkowski suatu peristiwa dikenali dengan titik dunia (world point) dalam kontinum empat dimensi.

Persamaan gerak (persamaan kinematika), equation of motion (kinematic equation), adalah salah satu dari empat persamaan yang berlaku pada benda yang bergerak lurus dengan percepatan tetap (a). Persamaan-persamaan tersebut, yang menghubungkan jarak yang ditempuh (s) dengan waktu yang dibutuhkan (t), adalah:

rumus gerak GLBB


Vo merupakan kecepatan awal benda dan Vt kecepatan akhir.

Sumber: Kamus Lengkap Fisika Oxford. Alan Isaacs, BSc, PhD. DIC. Penerbit Erlangga, Tahun 1997


Share:

0 comments:

Post a Comment