Tuesday 24 June 2014

Mengapa SuperKonduktor Penting?

Superkonduktor adalah bahan yang hambatan listriknya nol apabila dialiri arus, ditemukan pada tahun 1911 oleh fisikawan Belanda, Heike Kamerlingh Onnes. Ia menemukan superkonduktivitas pada logam merkuri yang saat didinginkan hingga sekitar 4.2 kelvin, tiba-tiba hambatan listriknya menjadi nol! Onnes dianugrahi hadiah Nobel Fisika atas penemuan suuperkonduktor ini. 

Pada tahun 1986, Georg Bednorz dan Alex Muller berhasil menemukan superkonduktor berbahan keramik dengan suhu transisi sekita 30 kelvin, atas penemuannya ini, mereka dianugrahi Nobel Fisika. Kini para peneliti superkonduktor saat ini berlomba-lomba untuk dapat menemukan bahan yang dapat bersifat superkonduktor pada suhu ruang dan tekanan atmosfer. 

Mengapa ini sangat penting? karena apabila ada material yang bersifat superkonduktor pada suhu ruangan dan pada tekanan atmosfer, maka akan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat. Salah satunya adalah transmisi listrik dari pembangkit listrik hingga ke rumah-rumah dapat dilakukan sangat efisien, ini tentu akan menjawab salah satu tantangan energi di masa mendatang. 

Saat ini beberapa negara maju seperti Jerman dan China juga sudah mampu membuat kereta magnet dengan menggunakan bahan superkonduktor yang dapat di jalankan hingga kecepatan 450 km/jam atau lebih. Sebuah tantangan bagi negara Indonesia

sumber

kereta superkonduktor ya

Share:

0 comments:

Post a Comment