Monday 16 June 2014

Prinsip Shin Guard pada Kaki Pemain Sepak Bola

GOLLLLL!! Lagi-lagi Messi ! Setelah menggocek bola dan memperdayai pemain belakang Bosnia-Herzegovina, lalu melepas tembakan ke gawang Bosnia-Herzegovina. Meskipun sempat membentur gawang! beruntung bola memantul dan masuk gawang dan membuat Argentina menang!

Messi sangat piawai dalam mendribble bola melewati pemain belakang lawan. Namun, pemain seperti Messi sangat rentan terhadap cidera yang diakibatkan oleh ganjalan dari pihak lawan. 

Nah, beruntung sekarang ada pelindung kaki (shin guard) yang dipakai di dalam kaos kaki untuk melindungi tulang kering!

Menurut Dr. Jesse Saenz, seorang chiroprator, shin guard ini akan melindungi kaki pemain bola jika tertendang oleh lawan, dimana ia dapat meredam 40-70 % gaya akibat tendangan kaki lawan. Prinsipnya ia akan membuat selang waktu benturan kaki menjadi lebih lama relatif jika tanpa memakai pelindung, sehingga gaya yang dirasakanpun akan lebih kecil dibanding jika tidak menggunakan pelindung! Prinsip perubahan momentum (impulse) bekerja di sini!


messi argentina bosnia


Messi, dikenal sangat piawai dalam menggocek bola dan mengelabui pemain lawan. Keahlian pemain dalam menggocek bola akan sangat didukung oleh teknologi sepatu sepakbola.

Pernah memperhatikan mengapa di bagian alas sepatu bola terdapat bagian tonjolan-tonjolan?

Hal ini adalah untuk cengkeraman yang kuat ketika kaki berlari di lapangan berumput. Tujuan tonjolan-tonjolan tersebut tentu adalah untuk menciptakan gesekan yang lebih besar dan dapat menghasilkan cengkeraman di rumput agar pemain tidak terpeleset ketika berlari di rumput yang licin, apalagi di kala hujan.

Hal ini sesuai hukum Newton! Ada banyak aplikasi hukum Fisika dalam sepakbola.

sumber

Share:

0 comments:

Post a Comment