Friday 20 June 2014

Soal Pedagogik Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika 3

1. Dalam teori belajar modern, suatu strategi kognitif suatu proses internal yang digunakan siswa (orang belajar) untuk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat dan berpikir. Salah satu strategi yang dapat dilakukan   guru dalam membelajarkan siswanya adalah elaborasi. Hal utama yang harus dilakukan guru dalam menggunakan straregi ini adalah ... .

2. ....... merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Penjabaran itu dilakukan dengan memenuhi prinsip-prinsip ilmiah, relevan. Sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.

3. Pengalaman belajar merupakan kegiatan mental dan fisik yang dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan sumber belajar melalui pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan mengaktifkan peserta didik. Dalam fisika pendekatan ini selalu digunakan dan menjadi pilihan utama karena paling sesuai dengan sifat keilmuan fisika. Pendekatan pembelajaran ini tetap sesuai dilakukan sejak masa kurikulum berbasis isi, masa kurikulum berbasis kompetensi sampai kepada masa kurikulum 2013 yang berlaku sekarang ini. Pendekatan yang dimaksud adalah ....

4. Untuk menciptakan pembelajaran sang baik, terlebih dahulu guru harus menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memerhatikan langkah-langkah pertama mengkaji standar kompetensi dan  kompetensi dasar, kedua mengidentifikasi materi pokok, ketiga mengembangkan pengalaman belajar, keempat  merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran, kelima ...., keenam menentukan alokasi waktu, dan ketujuh menentukan sumber belajar. Langkah yang belum disebutkan dan seharusnya terdapat pada langkah kelima itu adalah ... .

5. Mengajar fisika tidak hanya membuat siswa mengetahui sederetan rumus-rumus dan definisi-definisi saja. tetapi juga harus menjadikan siswa memahami bagaimana sesuatu fenomena dan sesuatu konsep terjadi, mampu berbuat dan berpikir seperti para ahli fisika berbuat dan berpikir dalam fisika, memiliki sikap, norma dan aturan tertentu sebagai implementasi dari pengetahuan fisika yang telah dipahaminya. Hal tersebut sesuai dengan hakikat fisika yaitu ... .

6. Dalam konteks pembelajaran, belajar adalah kegiatan aktif siswa dalam membangun pemahaman atas suatu materi ajar. Oleh karena itu, partisipasi guru daam pembelajaran jangan sampai merebut otoritas atau hak siswa dalam membangun gagasannya. Partisipasi guru hendaknya dibatasi sebagai mitra belajar bagi siswa misalnya dengan cara bertanya untuk merangsang siswa berpikir dan berbuat, mempertanyakan, meminta kejelasan, atau menciptakan situasi berpikir untuk siswa. Partisipasi guru seperti tersebut diatas itu adalah peran guru sebagai....

7. Dalam melakukan pembelajaran, jarang atau sering pasti guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik. Pertanyaan itu hendaknya diperkirakan dapat merangsang siswa untuk berpikir alau berbuat ketika mereka belajar. Ada ungkapan "Jika Anda mengajukan pertanyaan yang baik, sungguh Anda telah mengajar secara baik". Berkaitan dengan itu ada beberapa kategori pertanyaan seperti pertanyaan terbuka,  pertanyaan produktif, dan pertanyaan imajinati/interpretatif. Dalam pembelajaran fisika, guru mungkin sering mengajukan pertanyaan yang hanya dapat dijawab melalui pengalaman, percobaan, atau penyelidikan, yaitu jenis pertanyaan yang termasuk kategori ... .

Sumber: Soal Teori Tipe A Olimpiade Sains Guru Seleksi Tingkat Provinsi Tahun 2014 Bidang Studi Fisika SMA, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusbangprodik Tahun 2014


SOal OSG Tingkat Provinsi Fisika SMA

Share:

0 comments:

Post a Comment