Saturday 21 June 2014

Ekspedisi Mengirimkan Manusia ke Mars

Negara-negara maju sedang berlomba-lomba dalam ekspedisi mengirimkan manusia ke Mars! Badan Antariksa Eropa menargetkan tahun 2030 dapat mengirimkan manusia ke Mars dan kembali lagi ke bumi. Untuk misi ini, paling tidak akan memakan waktu perjalanan selama sekitar 500 hari. Tantangan pertama yang harus dijawab adalah bahan bakar apa yang sanggup membawa misi ini, sebab dengan roket yang ada saat ini, maka akan diperlukan jumlah bahan bakar yang sangat besar sehingga boleh dibilang hampir tidak mungkin menggunakan cara tersebut.

Pada tahun 1960, seorang Fisikawan Amerika bidang energi fusi nuklir bernama Robert W. Bussard (1928-2007), pernah memproposalkan secara teori sebuah mesin roket fusi yang bernama Ramjet, dimana mesin ini mengumpulkan dan memampatkan hidrogen terionisasi yang sangat.. sangat.. sangat tipis yang terdapat di ruang angkasa dengan menggunakan medan elektromagnet, yang kemudian dibakar dalam reaksi termonuklir. 

Ide Bussard ini juga dipakai oleh film fiksi Startrek dimana beberapa pesawat Enterprise menggunakan "Bussard Hydrogen Collector" yang mengumpulkan gas hidrogen terionisasi yang kemudian diubah menjadi deuterium dan antideuterium yang dipakai sebagai tenaga penggerak Mesin Warp! Tentu jika hal ini dapat direalisasikan, maka dunia antariksa akan membuka suatu jaman yang baru..


ekspedisi ke mars

Share:

0 comments:

Post a Comment