Sunday 22 June 2014

Fisika pada Kurikulum 2013 untuk SMA

Mata pelajaran fisika SMA pada Kurikulum 2013 termasuk dalam Kelompok Mata Pelajaran Peminatan  Matematika dan Ilmu-ilmu Alam, (bisa disingkat MIA, red). Selain fisika, ada mata pelajaran matematika, biologi dan kimia yang dicakup oleh peminatan MIA. Kelompok mata pelajaran peminatan, substansi dan konten nya dikembangkan oleh pusat. 

Kelompok  matapelajaran  peminatan  bertujuan  (1)  untuk memberikan  kesempatan  kepada  peserta didik  mengembangkan minatnya  dalam  sekelompok  matapelajaran  sesuai  dengan  minat keilmuannya  di perguruan  tinggi,  dan  (2)  untuk  mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau ketrampilan tertentu.

Perlu diketahui, Kelompok  Peminatan  yang  dipilih  peserta  didik di SMA berdasarkan kurikulum 2013 terdiri  atas kelompok Matematika dan Ilmu Alam, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu Budaya  dan  Bahasa.  Sejak medaftar  ke  SMA,  di  Kelas  X seseorang  peserta didik  sudah  harus  memilih  kelompok peminatan mana  yang  akan  dimasuki. Pemilihan  Kelompok Peminatan berdasarkan  nilai  rapor  SMP/MTs,  nilai ujian  nasional SMP/MTs, rekomendasi  guru  bimbingan  dan  konseling  di  SMP, hasil  tes  penempatan (placement  test)  ketika mendaftar  di  SMA, dan tes bakat minat oleh psikokog.  Pada semester kedua di Kelas X,  seorang peserta  didik  masih  mungkin  mengubah  Kelompok Peminatan,  berdasarkan  hasil pembelajaran  di semester  pertama dan rekomendasi guru bimbingan dan konseling.

Semua  mata pelajaran  yang  terdapat  pada  satu  Kelompok Peminatan  wajib  diikuti  oleh  peserta  didik. Sehingga, mata pelajaran fisika menjadi salah satu pelajaran wajib bagi peserta didik atau siswa yang memilih peminatan MIA dari kelas X hingga kelas XII.

Jumlah jam per minggu untuk mata pelajaran Fisika pada kurikulum 2013 di SMA adalah 3 jam pelajaran untuk kelas X, 4 jam pelajaran untuk kelas XI dan 4 jam pelajaran untuk kelas XII, 

Sumber: Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor  69 Tahun  2013 Tentang Kerangka Dasar  Dan  Struktur  Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Kurikulum 2013 fisika SMA

Share:

0 comments:

Post a Comment