Friday 20 June 2014

Tendangan Pinalti dalam SepakBola

Pada tendangan pinalti, seringkali kita melihat kiper (penjaga gawang) mencoba menangkap bola ke kiri, padahal bola melayang ke kanan. Atau sebaliknya. Penonton mencemooh “bodoh sekali kiper itu… bola ke kanan kok lompatnya ke kiri…”.

Tidak mudah jadi kiper. Coba bayangkan ketika bola ditendang, kiper bereaksi rata-rata sekitar 0,3 detik (menurut penelitian Sam Williamson). Begitu bereaksi otak akan memberi perintah pada otot untuk bergerak, ini butuh waktu tambahan lebih dari 0,1 detik. Jadi untuk menangkap bola dibutuhkan waktu lebih dari 0,4 detik. Padahal dengan kecepatan bola 100 km/jam, bola akan mencapai gawang antara 0,3 – 0,45 detik. Ini tidak cukup waktu untuk menangkap bola tsb. Itu sebabnya kiper harus melompat lebih dulu sesaat sebelum bola ditendang. Nah kalau lompatannya keliru atau reaksinya kurang cepat, nasib…deh.. goal terjadi…

Karena harus pandai menilai kemana arah tendangan si eksekutor pinalti (agar lompatannya tidak keliru), umumnya usia kiper di piala dunia lebih tua dibanding usia pemain lain (usia tua = pengalaman lebih banyak). Contoh Iker Casilas 33 thn, pemain lain hanya sekitar 25 tahun.

sumber

iker casillas piala dunia

Nasib Juara bertahan Spanyol harus berakhir setelah dikalahkan Chile 2-0. Mungkin yang paling sedih dari semuanya adalah Iker Casillas, sang kiper!

Casillas adalah kiper yang memiliki pengalaman dan insting yang sangat baik. Ia dikenal sebagai penjaga gawang yang sering mematahkan tendangan penalti lawan!

Seberapa dramatis dan sulit sih menangkis tendangan penalti?
Tendangan penalti dilepaskan dari titik berjarak 11 meter di depan gawang,kecepatan rata-rata dari bola yang ditendang dari kotak ini adalah sekitar 30 m/s. Artinya, bola akan menempuh kurang dari 1/2 detik untuk sampai ke gawang.

Sementara total waktu reaksi dan gerakan kiper melompat menangkap bola rata-rata adalah lebih dari 1 detik, ditambah lagi ukuran panjang dan lebar gawang yang sepanjang 7.3 m dan setinggi 2.4 m!
Ini yang membuat kiper harus menebak dan bergerak cepat bahkan sebelum bola ditendang! dan Iker Casillas adalah seorang pembuat keputusan yang perlu diacungi jempol ketika harus menentukan pilihan kemana melompat untuk menahan bola!

sumber

Share:

0 comments:

Post a Comment