Friday 20 June 2014

Soal Pedagogik Olimpiade Sains Nasional Guru Fisika 2

7. Seorang guru fisika merancang isi materi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa. Keputusan guru tersebut menerapkan teori belajar konstruktivisme...

8. Seorang guru Fisika SMA membuka pembelajaran dengan tanya jawab tentang persamaan keadaan gas ideal dan berbagai proses termodinamika sebelum mengajarkan tentang hukum-hukum termodinamika. Aktivitas pembelajan yang dilakukan guru tersebut adalah...

9. Dalam proses pembelajaran topik hambatan sebuah penghantar guru fisika melakukan pembelajaran dengan meminimalisir memandu siswa, siswa secara bebas mengeksplor sebuah fenomena atau ide berkatian dengan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya hambatan sebuah penghantar dengan berbagai cara yang merek kehendaki menurut perencanaan mereka. Guru fisika tersebut memfasilitasi siswa melakukan penyelidikan, akan tetapi tidak memberikan panduan penyelidikan. Pada akhirnya guru fisika tersebut meminta siswanya untuk mempresentasikan penemuannya. Model pembelajaran yang dilakukan guru tersebut dalam mengajar merupakan model pembelajaran...

10. Bu Ane seorang guru fisika yang kreatif dalam menciptakan kondisi pembelajaran student centered sepanjang waktu mengajar di kelas. Untuk mengajarkan wujud zat dan sifat-sifatnya dengan pendekatan.... bu Ane memilih mengajarkan materi tersebut menggunakan benda-benda yang terdapat di sekitar siswa sebagai media pembelajaran.

11. Sebelum pembelajaran dfisika modern, siswa harus sudah memahami konsep-konsep esensial kelajuan, kecepatan, posisi, gaya, energi, momentum dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep fisika modern terbangun atas konsep-konsep tersebut. Inilah makna sesungguhnya yang harus dipahami guru dari teori belajar...

12. Dalam melakukan proses pembelajaran topik gerak. Pak Ali seorang guru fisika meminta siswanya untuk mengamati gerak kendaraan yang melaju di jalan raya dan membuat laporan hasil observasinya. Laporan hasil observasi siswanya kemudian diperiksa. Dari hasil kecenderungan belajar siswa-siswanya melalui kegiatan observasi tersebut Pak Ali memperoleh bahwa siswa-siswanya memiliki kecenderungan gaya belahar berhasil baik. Atas dasar tersebut siswa-siswa Pak Ali memiliki kecenderungan gaya belajar....

13. Seorang wali kelas menggunakan sosiometri dan tes untuk mendapatkan informasi tentang potensi siswa. Hasil yang sudah diolah dan dinterpretasikan guru itu digunakan untuk membinda siswa di kelas bersangkutan, dan diserahkan kepada manajemen sekolah sebagai bahan pertimbangan di dalam menyusun kurikulum. Kegiatan yang dilakukan wali kelas tersebut terkait dengan....

sumber: Soal OSNG Mata Pelajaran Fisika Tahun 2013

soal osng 2013

Share:

0 comments:

Post a Comment